PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK PENGUASAAN KONSEP SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

Pasar Simaremare, Syahwani Umar, Edy Tandililing

Abstract


Abstrak: Berdasarkan hasil observasi pembelajaran IPA, khususnya pemahaman konsep sistem ekskresi pada manusia di kelas IX SMP Negeri 1 Sungai Pinyuh, diketahui bahwa proses pembelajaran cenderung masih berpusat pada pendidik. Hasil wawancara langsung dengan pendidik matapelajaran IPA, menunjukkan bahwa para pendidik belum menggunakan media pembelajaran sehingga penggunaan waktu belajar mengajar menjadi tidak efektif. Proses pembelajaran seperti ini, tidak sesuai dengan amanat PP No.32 Tahun 2013; pasal 19, yaitu bahwa proses pembelajaran diselenggarakan dengan cara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik dalam satuan pendidikan.

Untuk mengatasi hal ini, peneliti mengembangkan satu media pembelajaran yang dapat digunakan pendidik sebagai alternatif pembelajaran aktif dan menyenangkan, dan peserta didik juga dapat menggunakannya untuk belajar secara mandiri, kapan dan dimana saja tanpa harus didampingi oleh pendidik.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan pedoman Borg dan Gall (2003) dengan tahapan sebagai berikut: (1) melakukan studi pendahuluan (kajian pustaka dan pengamatan kelas), (2) perencanaan, (3) pembuatan produk awal, (4) uji coba awal, (5) melakukan revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk operasional, (8) uji coba pemakaian di kelas, (9) revisi produk akhir, dan (10) desiminasi atau penyebarluasan produk.

Hasil validasi ahli materi dan media pembelajaran, serta pembahasan hasil uji coba media secara terbatas, kelompok kecil, kelompok besar dan uji coba pemakaian menunjukkan bahwa media CD interaktif sistem ekskresi pada manusia ini layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA di kelas IX.

Kata Kunci : pengembangan, media CD interaktif, pembelajaran IPA, penguasaan konsep sistem ekskresi

Abstract: The observation of natural science learning, particularly for the concept of human excretory system in class IX SMP Negeri 1 Sungai Pinyuh, showed that the natural science learning still focused on the teacher. The interview with the natural science teacher,showed that they have not used the learning media so the learning time is not effective. This learning is not accordance with the regulation No.32, 2013; section 19, the learning process should be held in the interactive way, inspirative, fun, challenging and motivate the student in the educational unit. The researcher developed a learning media that can be used by the teacher as an alternative way of the active and fun learning, so the student can use it for an independent learning, any time and any where without having tobe accompanied by the teacher.

The aims of this study were to establish the basic pattern of the science learning design in to the form of lesson plans for the concept of human excretory system, to determine the relevant learning prescriptions, procedure description of the development interactive CD media for the concept of human excretory system, and to produce the interactive CD media for the concept of human excretory system.

The study was conducted using the guideline by Borg and Gall (2003) with the following stages: (1) preliminary study (literature review and class observation), (2) planning, (3) manufacturing of the initial product, (4) early trials, (5) revision of the product, (6) field trials, (7) revision of the operational product, (8) the trial use in the class room, (9) the revision of the final product, and (10) dissemination or distribution of the product.

The validation results by matter and learning media experts, and discussion of the test results in a limited, small groups, large groups and trials showed that the interactive CD media of human excretory system is can be used in Class IX natural science learning.

Keywords : development, interactive CD Media, natural science learning, the concept of human Excretory System Comprehension


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723