PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIK-MANIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Rosalia Ina, Budiman Tampubolon, Endang Uliyanti

Abstract


Abstrak: Penggunaan Alat Peraga Manik-manik pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SD Swasta Suster Pontianak Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran menentukan nilai tempat SD Swasta Suster Pontianak Kota. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian adalah 1) Kemampuan guru merencanakan pembelajaran menentukan nilai tempat pada siklus I sebesar 3,58 dan siklus II sebesar 3,83 dengan peningkatan 0,25. 2) Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran menentukan nilai tempat pada siklus I sebesar 3,66 dan siklus II sebesar 3,93 dengan peningkatan 0,27. 3) Dengan menggunakan alat peraga manik-manik ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Swasta Suster Pontianak Kota yaitu siklus I 80,63 pada siklus II sebesar 90 dengan peningkatan 9,37.

 

Kata Kunci: Alat Peraga Manik-manik, Hasil Belajar

 

Abstract: The use of Model Appliance beadsat study of mathematics to improve the result of leraning of first garde student of SD Swasta Suster Pontianak Kota. This Research aim to describe about the improvement of result of student learning ar study of determine place value in SD Swasta Suster Pontianak Kota. This research used Descriptive Method with research from was Classroom Action Research. Research subject were teacher and first grade students which consisted 32 students. This research was conducted by two cycles. The result of research were 1) The ability of teacher to make lesson plan of study of determine place value at cycle I was 3.58 and cyle II was 3.83 which improvement 0.25. 2) The ability of teacher to conduct the study of determine place value at cycle I was 3.66 and cycle II was 3.93 which improvement 0.27 . 3) By using Model Appliance Beads in the reality could improve the result of learning of first grade student of SD Swasta Suster Pontianak Kota that was cyle 1 80. 63 and cycle II was 90 which improvement 9.37.

 

Keyword: Model Appliance Beads, Result of Learning.


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723