PENGARUH STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA SMA

Eka Aprilia Putri, Eny Enawaty, Rody Putra Sartika

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi Inquiring Minds Want to Know (IMWK) dengan siswa yang diajar dengan model konvensional, besarnya pengaruh penerapan strategi IMWK terhadap hasil belajar dan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan strategi IMWK. Metode penelitian yang digunakan True Experimental Design dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji U-Mann Whitney dengan a = 5% diperoleh Zhitung < -Ztabel, yaitu -3,056 < -1,96, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Besarnya pengaruh penerapan strategi IMWK terhadap hasil belajar 37,3 % dengan nilai Effect Size 1,41 yang tergolong tinggi. Analisis angket respon menunjukan rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran mengggunakan strategi IMWK memberikan respon positif dengan persentase seluruh pernyataan sebesar 79,2 % dengan kriteria kuat.

Kata Kunci: Inquiring Minds Want To Know

Abstract: This research head for knowing that there is some differences or not between student’s study result that taught using Inquiring Minds Want to Know (IMWK) strategy and the student that taught by using the conventional model, how much the effect of IMWK’s strategy application toward student’s responds and study result toward learning that using IMWK strategy. The research’s method that used is True Experimental Design with pretest-posttest control group design program. The research’s samples are XI science 4 class as the control class and XI science 3 class as experiment class. The data analysis using U-Mann Whitney Test with a= 5% Zarithmetic -Ztable is gained, that is -3,056 < -1,96, that is mean there is student’s study result difference between experiment class and control class. The quantity of IMWK’s strategy application effect toward study result is 37,3 % with effect size value 1,41 that is high ranked. The respond of questionnaire analysis showing the average student’s respond toward the learning that using IMWK’s strategy is giving positif respond with all statements percentage exceeding 79,2% with strong criteria.

Keyword: Inquiring Minds Want to Know


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723