KONTRIBUSI PT ANTAM DALAM BIDANG PENDIDIKAN FORMAL DI DESA PEDALAMAN

Eli Agustina, Yohanes Bahari, Supriadi .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi PT Antam dalam bidang pendidikan formal di Desa Pedalaman Kec. Tayan Hilir Kab. Sanggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.  Adapun yang menjadi sumber data yaitu staf CSR PT Antam dan Masyarakat yang menerima kontribusi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bentuk kontribusi PT Antam dalam bidang pendidikan formal yaitu bantuan material berupa uang tunai untuk guru honor dan bantuan beasiswa berupa uang tunai untuk siswa berprestasi. Sedangkan bantuan immaterial yaitu berupa bantuan persamaan paket C. Kendala yang dihadapi dalam memberikan kontribusi yaitu keterbatasan anggaran dalam memberikan kontribusi, mengumpulkan data-data dan keterbatasan waktu. Dampak yang ditimbulkan dengan adanya kontribusi terhadap pendidikan formal ada yang bersifat positif dan ada juga yang bersifat negatif. Apabila berupa bantuan untuk siswa berprestasi dan persamaa paket C maka membawa dampak yang positif karena mereka bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Sedangkan bantuan untuk guru honor membawa dampak negatif karena jumlah bantuan yang diberikan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Kata Kunci: Kontribusi PT Antam dalam bidang pendidikan formal

Abstract: The purpose in this research is to know PT Antam’s contribution in formal education aspect in Desa Pedalaman Kec. Tayan Hilir Kab. Sanggau. the research method in this study is descriptive qualitative method. The data is taken by the researcher from staf of CSR PT Antam and the societies that accepted the contribution. The result of data analyze showed that  the type of contribution that is given by PT Antam in formal education area is material aid form of money for teacher honor and scolarship aid form of money for students achievers. Whereas immaterial aid is package C similarity. The obstacles that faced in giving the contribution is the limited consideration, collecting the data, and limited time. The are negative effect that made by the contribution for formal education. If the aid to students achievers and package C similarity given positive effect because they can continue in high education. Whereas the aid for teacher honor bring negative effect because total aid that is given to the teacher is not suitable with the wishes.

Keywords: PT Antam  contribution in formal education


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723