KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FIEL TRIP PADA SISWA SMP NEGERI

Eeng Sumarman, Ahadi Sulissusiawan, Syambasril .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai menulis siswa khususnya dalam kompetensi dasar menyimpulkan isi suatu teks dengan menulis karangan deskripsi.Kondisi ini apabila tidak segera ditindaklanjuti, maka berdampak pada ketidak tercapaian tujuan pembalajaran.Selain itu, penelitian ini juga didasari oleh keluhan guru terhadap hasil menulis yang rendah. Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti menawarkan teknik field trip untuk menumbuhkan minat belajar dan sikap aktif siswa yang pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan hasil belajar. Berdasarkan uraian yang melatar belakangi penelitian, maka permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut. 1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan metode fielf trip ? 2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis mengunakan metode menggunakan metode field trip ?Prosedur penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak duasiklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanan,pelaksanaan,observasi,dan refleksi.Data dalam penelitian ini merupakan perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan hasil pembelajaran menulis siswa menggunakan metode field trip.Data tersebut dianalisis secara kualitatif dengan sumber data yaitu siswa dan guru.Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan pembelajaran menulis siswa meningkat pada tiap siklus. Siklus pertama rata-rata yang diperoleh adalah 58 dengan persentase ketuntasan sebesar 25 %.Siklus kedua rata-rata yang diperoleh adalah 68 atau meningkat sebanyak 10 angka dari siklus sebelumnya dan presentase ketuntasan mencapai 40%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam proses pembelajaran guru harus dapat mengatur alokasi waktu. Ketidak tepatan dalam mengatur alokasi waktu dapat menyebabkan tujuan pembelajaran tidak sepenuhnya tercapai.

Kata Kunci: Menulis; metode. Field trip

Abstract: This research is motiv ated by the low value of the student's writing, especially in the basic competen ceto conclude the contents ofatext by writing adescription essay. This condition, if no timme diately acted upon, then the impacton the non purpose. In addition, this study also complaints of teachers based on the results ofthe lowpost. Given these problem offers researches a field trip techniques to fooster active learning and student attitudes, which in turn affects the improvement of learning outcome.Based on the description of the back ground research, the problemin this studyas follows.1) How does the teacher plant heir lessonsto improve writing skills by using the me thoddes cription fielftrip? 2) How  is the implementation of the method ofteaching writing field trip? 3) Howto writea description of  learning out come susing the field trip? The procedur eof this study using action research (PTK) which isimplemen te dastwocy cles. Each cycle consists of four stages : imple mentation, obser vation and reflection.The datain this studyis alesson planning, learning processes, and learning outcomesof students' writing using the field trip. The data wereanalyzed qualitatively with sources that student sand teachers. Based on analysis, it can be conclu dedin creased student learningto writeinevery cycle. The first cycle of the averageob tained was 58 witha percentage of 25% completeness. Cycle both the averageob taine disin creased by 68 or 10 points from the previous cycle and the percentages reaches 40% comple tenes.Based on the result suggestedin the learning process the teacher mustbe able toregu late the allocation of time. Inaccuracyin regulating the allocation of time can cause learning objectives are not fully achieved.

 

Keywords : Writing, Method field Trip


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723