PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK WORD SQUARE DI SEKOLAH DASAR

Siti Aisyah, Suhardi Marli, Sugiyono .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif teknik word square dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Sekolah Dasar Negeri 16 Pontianak Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan siswa  kelas VA yang berjumlah 34 orang. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik word square dan motivasi belajar siswa. Peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik word square dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata dari setiap siklusnyayaitu 3,35 pada siklus I, 3,53 pada siklus II dan  mencapai 3,92 pada siklus III. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus III yaitu sebesar 0,57. Sedangkan peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase yaitu 56,77% pasa siklus I, 73,38% pada siklus II dan  mencapai 79,41% pada siklus III.peningkatan yang terjadi dari siklus I sampai siklus III yaitu sebesar 22,64%.

Kata kunci: Motivasi belajar, pembelajaran kooperatif, teknik word square

Abstract: This research aimed to describe about the increase of the student’s motivation by cooperative technique word square on social studies in class V SDN 16 South Pontianak. The method that used in this research is desciptive method with the kind of research is classroom action research. The subject in this research are the teacher who teach in social studies class and the student in class VA totalling 34 students. The analysis result showed that there are increase on teacher’s skill when teaching with cooperative learning technique word square and student’s motivation. The increase of teacher’s skill when teaching with cooperative learning technique word square can seen from the increase of the average score from all of the cycle, 3,35 on first cycle, 3,53 on second cycle and reach 3,92 in third cycle. The increase fron first cycle to third cycle is 0,57. Meanwhile the increase of student’s motivation can seen from the increase of the percentage average, 56,77% on first cycle, 73,38% on second cycle, and reach 79,41% in third cycle. The increase from first cycle to third cycle is 22,64%

Keywords: Student’s motivation, cooperative learning, technique word square

Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723