INVENTARISASI JAMUR DI GUNUNG SENUJUH KABUPATEN SAMBAS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBUATAN FLASH CARD

Nenda Yunida, Syamswisna ., Laili Fitri Yeni

Abstract


Abstrak: Penelitian jamur makroskopis ini bertujuan untuk mengetahui jenis jamur yang terdapat di Gunung Senujuh Kabupaten Sambas. Hasil inventarisasi jamur makroskopis dijadikan media pembelajaran flash card dan dilakukan uji validasi oleh 5 (lima) orang validator kemudian dianalisis berdasarkan jumlah rata-rata skor seluruh aspek. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan metode jelajah. Dari hasil penelitian ini ditemukan 57 jenis jamur dari 2 divisi, 8 ordo, 17 famili dan 29 genus. Pada penelitian ini intensitas cahaya sangat berpengaruh terhadap jumlah jenis jamur dibandingkan dengan faktor cahaya dan kelembaban. Berdasarkan penilaian dari validator, flash card dari hasil penelitian ini termasuk ke dalam  kategori valid (3,41) atau  layak digunakan sebagai media pembelajaran pada submateri jamur di kelas X SMA.

Kata kunci: Inventarisasi, jamur, Gunung Senujuh, flash card.

Abstract: This macroscopic fungus research aims to determine the type of fungus that is found in Mount Senujuh Sambas district. The results of macroscopic fungi inventory used as a medium of learning flash cards and test validation by 5 (five) people validator then analyzed based on the amount of the average score of all aspects. The form of this research is descriptive quantitative method and sampling method cruising. From the results of this study, 57 species of fungi from 2 divisions, 8 orders, 18 families, and 29 genera. In this study, light intensity affects the number of species of fungi as compared to a factor of light and moisture. Based on the assessment of the validator, the flash card from the results of this study fall into the category of valid (3.41) or fit for use as a medium of learning in class X submateri fungi in high school.

Keywords: Inventory, mushroom, Mount Senujuh, flash card.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723