PENGARUH PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMAN DI KABUPATEN BENGKAYANG

Nilus Zunaidi, Junaidi H.Matsum, Nuraini Asriati

Abstract


Abstrak :Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sarana dan prasarana serta rendahnya kinerja mengajar guru khususmya mata pelajaran ekonomi di Kabupaten Bengkayang.Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh pembiayaan pendidikan yang hanya bersumber dari dana komite, dana BOS-SM dan R-BOS, sementara sumber-sumber pembiayaan potensial yang lain belum digali. Hal inilah yang melatar belakangi dilakukannya penelitian mengenai pengaruh pembiayan pendidikan dan komitmen kerja terhadap kinerja guru mata pelajaran ekonomi se Kabupaten Bengkayang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji  pengaruh pembiayaan pendidikan dan komitmen kerja terhadap kinerja guru  mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, responden dalam penelitian ini sebanyak 27 guru mata pelajaran ekonomi yang  ada pada SMA negeri di  kabupaten Bengkayang. Hipotesis diformulasikan dan diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1).Berdasarkan pengujian secara parsial atau uji t, ditemukan bahwa faktor pembiayaan pendidikan  berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru pada SMA di kabupaten Bengkayang. 2).Berdasarkan pengujian secara parsial atau uji t, ditemukan bahwa faktor komitmen kerja  berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMA di kabupaten Bengkayang.3). Berdasarkan pengujian secara simultan atau uji F, ditemukan bahwa faktor pembiayaan pendidikan dan faktor komitmen kerja  secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru pada SMA di kabupaten Bengkayang

Kata Kunci : Pembiayaan Pendidikan, Komitmen kerja, Kinerja Guru

Abstract :This research was motivated by the lack ofinfra structure and poor performance of teachers teaching in particular has economic subjects Bengkayang. This is of course influenced by the education funding only from committeefunds, BOS-SMandR-BOS, whilethe sourcesof financing other potential untapped. This is the background ofthe research done on the effect offinancing education and work commitment on teacher performance as economic subjects Bengkayang. The purpose of this study was to determine the effect of education funding and commitment towork on teacher performance of economic subjects. This study uses quantitative methods. Data were collected by questionnaire technique, the respondents in this study were 27 teachers of economic subjects contained a Public High Schoolin Bengkayang district. The hypothesis is formulated and tested using multiple regression analysis. The results showed that : 1 ) . Based on partial test or t test , it was found that factors significantly influence the financing of education at the high school teachers' performance in the district Bengkayang .2). Based on partial test or t test, it was found that the work commitment factors have a significant effect on the performance of high school teachers in the district Bengkayang. 3).Based on simultaneous testing or F test, it was found that the factor of education financing and commitment factors working together have a significant effect on the performance of teachers in high schools in the district Bengkayang

Keywords : Financing Education , work commitments , Teacher Performanc


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons