ANALYZING ENGLISH SUB SUMMATIVETEST ITEMS (MID EXAM)

Herlina Ida, Bambang Wijaya, Endang Susilawati

Abstract


Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang kualitas butir-butir soal tes sub sumatif bahasa inggris, mengukur validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda butir-butir tes yang dibuat oleh guru bahasa inggris SMA Kartini tahun ajaran 2013/2014. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data penelitian diambil dari soal-soal sub sumatif dan lembar jawaban siswa. Soal tes sumatif terdiri dari 20 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan tingkat validitas butir soal adalah cukup dengan persentase 75%, nilai reliabilitas soal adalah 0.34% yang dikategorikan sebagai reliabilitas rendah, nilai tingkat kesukaran adalah 55% dimana kebanyakan butir tes adalah soal yang mudah, dan nilai daya pembeda menunjukkan bahwa butir tes yang lemah adalah 30%, sementara butir tes yang memuaskan adalah 70%.

 

Kata Kunci: analisis butir tes, tes sub sumatif

Abstract:The aim of this research is to provide information of English sub summative test items, measuring the validity, reliability, level difficulty, and discriminating power of the test items made by English teacher of SMA Kartini in academic year 2013/2014. The method of this research is descriptive research. The data were taken from sub summative test and students’ answer sheets. The sub summative test consists of 20 items in the form of multiple choice. Based on the research findings, it can be concluded that as a wholethe content validity of test items is sufficient with percentage is 75%, the point of test reability is 0.34 which is categorized Low (L) reliability, the point of level of difficulty is 55% which is categorized as easy items, and the point of discriminating power showed the percentage of poor items is 30 %, while the satisfactory items are 70 %.

Key Words: item analysis, sub summative test


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723