PENINGKATAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG CAMPURAN

Junaidah F 34211306, Kaswari ., KY Margiyati

Abstract


Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas  hasil belajar siswa menerapkan pendekatan matematika realistik pembelajaran operasi hitung campuran. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif, bentuknya adalah tindakan kelas dan sifatnya kelaboratif dengan mengikuti prosedur penulisan tindakan kelas. Subjek penulisan ini adalah guru matematika yang berjumlah 29 orang.  Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian yang diperoleh adalah skor rata-rata kemampuan guru dalam membuat RPP pada siklus I sebesar 3.95 dan pada siklus II sebesar 4. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada siklus I memperoleh skor 3.04 dan pada siklus II 3.85. Ativitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 64.71 % dan pada siklus II memperoleh skor 92.34 %. Sedangkan untuk hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti pembelajaran operasi hitung campuran dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada siklus I memperoleh skor rata-rata 64.46 dan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 96.07.

Kata kuncinya : Ativitas , Hasil Belajar,  Pendekatan

 

Abstract : The problem in this research is how to increase the activity of student learning outcomes approach realistic mathematics learning arithmetic operations mix . The method used in this paper is a descriptive method , the shape is a class act and nature kelaboratif by following the procedure of writing a class act . Subject of this paper is a teacher of mathematics , amounting to 29 people . The implementation of this class action was done 2 cycles . The results obtained are the average scores in the teacher 's ability to make lesson plans on the first cycle of 3.95 and the second cycle of 4 The ability of teachers to implement learning by applying realistic mathematics approach in the first cycle to obtain a score of 3.04 and 3.85 in the second cycle . Ativitas student learning in the first cycle to obtain a score of 64.71 % and the second cycle to obtain a score of 92.34 % . As for the students' learning outcomes obtained after following a mix learning arithmetic operations with realistic mathematical approach on cycle I gained an average score of 64.46 and the second cycle obtaining an average score of 96.07 .

The key word : ativitas , Learning Outcomes , Approaches


Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723