STUDI KOMPERATIF HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK DAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Syarifah Dewi Andriani, Bambang Genjik S, Husni Syahrudin .

Abstract


Abstract: This study aims to determine whether there are differences in student learning outcomes with the talking stick models and picture and picture on economic subjects class 1 x SMA Muhammadiyah Pontianak. The research method used is descriptive method in the form of a comparative study, data was collected using direct communication, measurement techniques and documentary studies. Samples taken 1 class is the number of students 33. The results of data analysis showed that by using learning model stick Talking average student learning outcomes is 75.39 while using the learning model picture and picture the average student learning outcomes is 77.09. After that used the T test to see if there is a difference or not. T test results showed t count> t table, Because the value of t count> t table -0.820> -2.037, then H0 is accepted and Ha rejected or There is no difference in student learning outcomes on economic subjects of class X Sma 1 Muhammadiyah Pontianak City.

Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick, Picture and picture

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model talking stick dan picture and picture pada mata pelajaran ekonomi kelas x SMA Muhammadiyah 1 kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dalam bentuk studi komperatif, Pengumpulan data menggunakan komunikasi langsung,  teknik pengukuran dan studi documenter. Sample yang diambil adalah 1 kelas dengan jumlah siswa 33 orang. Hasil analisis data menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,39 sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture rata-rata hasil belajar siswa adalah 77,09. Setelah itu digunakan uji T untuk melihat apakah ada perbedaan atau tidak.  Hasil Uji T menunjukkan t hitung > t tabel, Karena nilai t hitung > t tabel -0,820 > -2,037, maka H0 diterima dan Ha ditolak atau Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Sma Muhammadiyah 1 Kota Pontianak.

Kata kunci: Hasil Belajar, Talking Stick, Picture and picture

Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723