PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD

Widatun F33209069, K.Y Margiati, Mastar Asran

Abstract


Abstrak:  Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V  Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak Utara Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan pendekatan CTL di kelas V SDN 17 Pontianak.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif . Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan CTL pada pembelajaran matematika di Kelas V SDN 17 Pontianak Utara yaitu pada siklus I pertemuan 1 dapat dilihat nilai rata-rata kelas 71,75 dan   pertemuan kedua menjadi 73,47.  pada siklus II pertemuan pertama dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,73 dan pada siklus kedua dengan nilai rata-rata kelas sebesar 80,43.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan CTL, Pembelajaran Matematika

Abstract: Improved Student Results Approach Using Contextual Teaching And Learning In Mathematics Learning In Class V Public Elementary School 17 North Pontianak This study aims to improve student learning outcomes in mathematics learning in the classroom using CTL approach SDN 17 Pontianak. The method used is descriptive method with qualitative approach. The research used the action research. Based on the research results of an increase in student learning outcomes with CTL approach to learning mathematics in Class V SDN 17 North Pontianak is the first meeting of the first cycle can be seen the average value of 71.75 and the second meeting of the class becomes 73.47. the second cycle of the first meeting with the class average value of 76.73 and in the second cycle with an average value of 80.43 class.

Keywords: Learning Outcomes, CTL approach, Learning Mathematics


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723