EFEKTIFITAS PENERAPAN GERAK DASAR TARI MELAYU DALAM PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR SISWA TUNARUNGU

Firsi Julianitha, Desni Yuniarni, Imma Fretisari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model pembelajaran langsung yang digunakan dalam penerapan praktik gerak dasar tari melayu untuk perkembangan motorik kasar siswa yang mengikuti kegiatan sekstrakulikuler tari di SLB Yayasan Dharma Miranti Singkawang serta penerapan kepada siswa dalam menerima gerakan dan hasil dari proses tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sampel penelitian ini adalah 6 orang siswa tunarungu berdasarkan observasi awal didapati masih kurangnya kegiatan yang bersifat praktik sehingga perkembangan motorik kasar siswa lamban, membuat siswa lebih pasif dan kurang aktif perkembangan motorik kasarnya. Maka salah satu cara untuk mengembangkan potensi motorik kasar siswa adalah dengan menggunakan pembelajaran seni tari dengan gerak dasar tari melayu lenggang dan joged. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapati melalui perananan pembelajaran seni tari tradisi gerak dasar tari melayu ini dapat membantu meningkatkan perkembangan motorik kasar siswa, membuat siswa lebih aktif dalam bergerak, serta membantu membuat siswa lebih kreatif yang ditampilkan dengan kreatifitas sendiri.

Kata kunci: Tari Melayu, tunarungu, motorik kasar.

Abstract: This research aims to describe the direct instructional model used in the application of the basic motion practice Malay dance for gross motor development of students who take part in extracurricular dance SLB Dharma Miranti singkawang Foundation and application of students in the movement and receive the results of the process. The research method used is a case study. The sample was 6 deaf students based on initial observations found that the lack of activity is the development of gross motor practice so slow students, making students more active and less passive gross motor development. So one way to develop gross motor potential students is to use the art of dance with movement learning basic Lenggang dance wither and Joged. The results of the research that has been conducted found through the role of learning basic dance movement dance traditions wither it can help improve the gross motor development of students, making students more active in moving, as well as help make students more creative creativity shown by their own

Keywords: Malay Dance, hearing impairment, gross motor skills


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723