UPAYA GURU DALAM MENGATASI RENDAHNYA MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI 4

Natalia Risna, Yohanes Bahari, Parijo .

Abstract


Abstrak: Judul penelitian ini adalah Upaya Guru dalam Mengatasi Rendahnya Minat Baca Siswa di Perpustakaan SD Negeri 4 Singkawang Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi rendahnya minat baca siswa di suatu lembaga pendidikan yaitu sekolah dasar. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya minat baca sehingga selanjutnya bisa dilakukan upaya-upaya untuk mengatasinya berdasarkan dengan apa yang dilakukan oleh pihak sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya minat baca siswa dan upaya guru mengatasinya. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan melakukuan observasi terlebih dahulu selama beberapa hari, kemudian dilanjutkan lagi dengan wawancara kepada guru selaku informan bersangkutan yang dianggap paling tahu mengenai masalah yang akan diteliti, mengenai upaya guru dalam mengatasi rendahnya minat baca siswa SD Negeri 4 Singkawang Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menyebabkan rendahnya minat baca siswa, karena siswa lebih senang berkumpul dengan teman sebaya dari pada membaca buku,  siswa menganggap membaca buku dituntut untuk dan diam saja. Upaya yang dilakukan oleh guru adalah mengadakan event atau perlombaan yang membuat siswa gemar membaca dan mencintai buku.

 

Kata kunci: Upaya Guru, Minat Baca, Perpustakaan SD Negeri 4.

Abstract: The title of this research is Teacher Effort Overcome the Students Low Reading the Public Elementary School Library 4 Singkawang East, Singkawang City. The purpose of this research to know how teacher effort to overcome the students low reading in eduacational institution is elementary school. The purpose of this research to know causative factor the students low reading, then can doing the efforts to overcome based what the teacher of school do. The purpose of the research to know causative factor the student low reading and effort can teacher of the school do.

This research done with descriptive qualitative research method. The data obtained with the first for several day. Then resumed again interviews with teachers who know the problem of the students low reading.

The result showing that the low of student interest in reading, because students like to be with their friends everyday, more than reading. Students consider reading in demand to sit down and be quiet. Effort by the teacher is holding events and competition that make student love to read.

Keywords: Effort of teacher, Interest in reading, Elementary school 4 library.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723