HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF DI SDN

Eni Sofyati, K.Y Margiati, Siti Halidjah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siwa pada pembelajaran matematika materi pecahan menggunakan media manipulatif kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pembahasan dan pengolahan data, dapat diketahui bahwa kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran dengan menggunakan media manipulatif pada materi pecahan kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Timur termasuk dalam kategori baik. Kemudian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media manipulatif pada materi pecahan kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Timur termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan dengan menggunakan media manipulatif mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci: Hasil belajar siswa, pembelajaran matematika, media manipulatif.

 

Abstract: This study aims to improve learning outcomes in mathematics learning material siwa fractions using manipulative media class IV State Elementary School 12 East Pontianak. The method used in this research is descriptive method and this research is a form of action research. Based on the results of the discussion and processing of data, it is known that the ability of teachers in planning lessons using manipulative media fragments on the material grade IV Public Elementary School 12 East Pontianak included in both categories. Then the ability of teachers to implement learning by using manipulative media on material fractions fourth grade public elementary school 12 East Pontianak included in both categories. While the learning outcomes of students in learning mathematics in material fractions by using manipulative media has increased.

 

Keywords: Student learning outcomes, learning mathematics, manipulative media.


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723