PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MURID DALAM BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SDN

Marsel Ibon, Tahmid Sabri, Sukmawati .

Abstract


Abstrak : Peningkatan Aktivitas Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Penerapan Metode Cooperatif learning Pada murid Kelas III sekolah dasar Negeri 05 Toho. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran RPP PKn di kelas III SD Negeri 05 Toho dengan menggunakan metode Cooperatif learning. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan partisipasif. Data penelitian ini berupa data proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya peningkatan baik aktifitas murid, kinerja guru maupun hasil belajar murid. Untuk aktifitas murid terlihat adanya perubahan yang positif dimana terjadi peningkatan jumlah aktifitas murid disetiap aspeknya. Kinerja guru juga mengalami peningkatan rata-ratanya dimana pada pra siklus hanya 1,6 dengan kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 2,8 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 3,3 dengan kategori sangat baik. Demikian pula hasil belajar yang dicapai oleh murid pada kegiatan pra pembelajaran murid yang mencapai KKM sebanyak 7 orang dengan rata-rata 43,23. Pada siklus I murid yang berhasil mencapai KKM bertambah menjadi 8 orang dengan rata-rata 69,33 dan siklus II meningkat lagi menjadi 9 orang dengan rata-rata 74,46.

Kata Kunci : pembelajaran Cooperatif learning, aktivitas murid, belajar PKn

 

Abstract : the increasing of learning activity of The Citizenship Education through the using of Cooperative learning method to student class 3 Toho Elementary School 05. The purpose of this research to know of the Citizenship Education learning in Class 3 Toho Elementary School 05 by using the Cooperative learning Method. This reasearch using cualitative and participative approach. The observation result show the increasing of students that taken through observation. The observation result show the increasing of students activity, teacher impression, and the student outcome of learning. There are positive changings to the student for each aspect. The teacher impression show increasing as shown in the pre cycle only 1,6% or less category and after the 1 st cycle became 2,8% or well enough category, and on the 2nd cycle became 3,3% or satisfactoril category. The student outcome on the pre learning reached KKM (minimal competeness criteria) only 7 student on the average 43,23.on the 1st cycle the students got KKM increased to 8 students on the average 69,33, and on the 2nd cycle increased to 9 on the average 74,46.

 

Keyword : Learning Cooperative Learning, Student Activities, Learn Civics


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723