PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PESERTA DIDIK KELAS III MIS AWALUDDIN

Pudi F37009033, Sri Utami, Siti Halidjah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak cerita peserta didik kelas III MIS Awaluddin Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk quasi exsperimental design. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil tes kemampuan menyimak cerita siswa kelas III MIS Awaluddin Kubu Raya, hasil rata-rata sebelum dilakukan perlakuan (tidak menggunakan media boneka tangan) adalah 69,06 dan di kelas eksperimen sebesar 68,55 dan standar deviasi yang diperoleh untuk kelas kontrol adalah 6,18 dan pada kelas eksperimen sebesar 4,59. Untuk skor rata-rata sesudah dilakukan perlakuan (menggunakan media boneka tangan) adalah 72,94 dan pada kelas eksperimen sebesar 77,26 dan standar deviasi yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 6,89 dan pada kelas eksperimen sebesar 6,97. Hasil analisis data dengan uji t diperoleh t_hitung> t_tabel dengan 1,8948> 1,6871dan yang berarti signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sebaliknya Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak cerita siswa kelas III MIS Awaluddin Kubu Raya. Kemudian dengan effect size sebesar 0,62 maka pengaruhnya berada pada katagori sedang yaitu pada rentang 0,2 <ES > 0,8.

Kata Kunci: pengaruh, boneka tangan, kemampuan menyimak cerita.

Abstract: This study aimed to obtain information about the impact of media hand puppets use to the story listening ability of learners class III MIS Awaluddin Kubu Raya. The research method used is exsperimental method with quasi- experimental design. Based on the analysis of data obtained from the test results of story listening ability of learners class III MIS Awaluddin Kubu Raya, the yield average prior to treatment (do not use a hand puppet media) are 69.06 and 68.55 for the experimental class and the standard deviation obtained for control class is 6.18 and 4.59 for the experimental class. For an average score performed after treatment (using a hand puppet media) are 72.94 and 77.26 for the experimental class and the standard deviation obtained in the control class was 6.89 and 6.97 for the experimental class. The results of the analysis of data obtained by t test t_count> t_table with 1.8948 > 1.6871 and means significant, so it can be concluded that Ho refused opposite Ha accepted, which means there are impact media hand puppets use on the story listening ability of learners class III MIS Awaluddin Kubu Raya . Then the effect size of 0.62, the effect is in the category of medium that is in the range 0.2 < ES >0.8 .

Keywords: impact, hand puppets, story listening ability.


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723