PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD

Katarina Murwanti, Endang Uliyanti, Tahmid Sabri

Abstract


Abstrak: Penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menggolongkan mahluk hidup secara sederhana IImu Pengetahuan Alam kelas III Sekolah Dasar Negeri 21 Ambalau. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan tentang penggunaan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menggolongkan mahluk hidup secara sederhana dalam  pembelajaran IImu Pengetahuan Alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh peneliti dan dibantu oleh guru kolaborasi. Subjek dalam penelitian siswa kelas III SD Negeri 21 Ambalau. Dengan alat pengumpul data yaitu lembar observasi. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus. Setelah dilaksanakan tindakan perbaikan penggunaan metode diskusi pada hasil pembelajaran menggolongkan hewan berdasarkan tempat tinggalnya mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pengolahan dan hasil analisis data penelitian tindakan kelas yang telah diuraikan bahwa hasil pembelajaran IPA melalui metode diskusi tentang penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya pada siswa kelas III SDN 21 Ambalau dapat meningkatkan hasil pembelaaran  siswa.

 

KataKunci: pembelajaran IPA dan metode diskusi

Abstract : The use of group discussion method can improve student learning outcomes in the material simply classify living things IImu Sciences Elementary School third grade 21 Ambalau . This study aims to gain clarity about the use of group discussion methods to improve student learning outcomes in the material simply classify living things in the learning IImu Sciences . The method used in this research is descriptive method . This research is a form of action research ( CAR) conducted by researchers and assisted by teacher collaboration . Subjects in the study third grade students of SD Negeri 21 Ambalau . With a data collection tool that observation sheet . The study was conducted as many as 3 cycles . Once implemented corrective action discussion on the results of the use of learning methods to classify animals based on homes has increased . Based on the results of the analysis of data processing and action research which has been described that the results of science learning through discussion of the method of classification of animals based on where his life on the third grade students of SDN 21 pembelaaran Ambalau can improve student outcomes .

Keywords: learning science and methods of discussion


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.7150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats