HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI BOLA KARET

Dede Nurhuda, Ahmad Atiq, Mimi Haetami

Abstract


Abstrak: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Pada Pembelajaran Permainan
Bola Voli Melalui Modifikasi Media Bola Karet. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah:
1) Apa yang menjadi kendala servis atas bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri 8
Tebas?; 2) Apakah sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah dapat meningkatkan hasil
belajar servis atas bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tebas ?; 3) Apakah dengan
modifikasi media pembelajaran bola karet/plastik bisa meningkatkan hasil belajar servis atas
pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tebas. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan
rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini, jumlah subyek atau sampel
penelitian yang digunakan adalah 33 siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tebas. Berdasarkan hasil
pembelajaran servis atas dalam permainan bola voli dengan media bola karet, pada siklus I
untuk materi teknik dasar servis atas dalam permainan bola voli memiliki presentase secara
klasikal sebesar 44% dan siklus II.80,00%, Atas dasar tersebut maka kesimpulannya adalah
:1) Pembelajaran bola voli servis atas dengan menggunakan media bola karet telah terlaksana
dengan efektif hal ini terbukti dimana siswa mengalami peningkatan dan tuntas dengan hasil
persentase 80,00%
Kata Kunci: Servis Atas Bolavoli, Modifikasi Bola Karet .
Abstract: Efforts to improve the result of learning services learning game in the volley ever
the modification of rubberballs media. The main problems in this rosearch are 1). What is a
constraint upon the service of volley ball on students grade 7 of SMPN 8 Tebas ?; 2). Are the
facilitasand infrastructure of SMPN 8 Tebas can improve the result of volley ball learning
service on student grede 7 of SMPN 8 Tebas ?; 3. Is the modifed rubber ball stractional
medium can improve the result of service learning on student grade 7 of SMPN 8 TEBAS ?;
Based on the result of service learning in volley ball game by using rubber ball medium the
material of based-skill service in the first cycle has 44% classicat percentage and 80%
clafsical percentage in the second cycle Based on the reseorh aborethen the conclusion is
the learning volley ball service by using rubber ball medium has effectively benn done this is
proved by the students improvement skill andcomplete assessment, at about 80 %.
Key Words: Service Learning Volley Ball,Rubber Ball Modification

Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.7118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats