ANALISIS MAKNA PERILAKU MENYIMPANG SISWA BERDASARKAN TEORI INTERAKSI SIMBOLIK

. Mayasari, Yohanes Bahari, Sulistyarini .

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna dari perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang melakukan tindakan perkelahian memaknai perilaku mereka tersebut sebagai suatu cara menunjukan rasa solidaritas yang tinggi terhadap teman-temannya, juga sebagai cara mempertahankan harga diri mereka di depan teman-teman satu sekolah. Selain itu siswa yang membolos dari sekolah memaknai perilaku mereka tersebut juga sebagai suatu cara menunjukan rasa solidaritas yang tinggi terhadap teman-temannya. Kemudian menunjukkan bahwa siswa yang melakukan tindakan keluar pada saat jam pelajaran berlangsung memaknai perilaku mereka tersebut sebagai suatu cara untuk menghilang kebosanan di dalam kelas pada saat pelajaran berlangsung. Siswa yang terlambat datang ke sekolah memaknai perilaku mereka tersebut sebagai hal yang tidak disengajai oleh mereka, karena alasan tidak bisa bangun pagi, macet, dan lama nunggu jemputan.

 

Kata Kunci :Perilaku Menyimpang, Interaksi Simbolik

Abstract: This research purposes to known the meaning of deviant behavior by students. An qualitative descriptive research method. The research result shown the students who was fighting is to express their solidarity to their friends, and also as the way to self-esteem in the front of friends in school. Moreover there are students was skip from school that mean to express their solidarity to their friends. Then show us the students who was skip on lesson time thats is one way to relieve boredom in class. The students who was coming late to the school as an inadvertent, because they can’t woke up early, traffic jam, and long wait for pickup.

 

Key words : deviant behavior, symbolic interaction.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.7095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats