UPAYA PENINGKATAN EFEKTIVITAS BELAJAR TOLAK PELURU GAYA O’BRIEN MELALUI MODIFIKASI BOLA PLASTIK SISWA SMK

Ardianus Radia, Victor Simanjuntak, Kaswari .

Abstract


Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan efektivitas belajar tolak peluru gaya O’brien melalui penggunaan modifikasi media bola plastik yang di isi pasir pada siswa kelas XI Akutansi SMK Santa Monika. Metode yang digunakan peneliti adalah deskriptif bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah melalui penerapan langsung di kelas atau lapangan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akutnasi Sekolah Menengah Kejuruan Santa Monika Kabupaten Kubu Raya yang berjumlah 35 orang siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi pengamatan kepada siswa melalui :1) Tes: digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil tolak peluru gaya O;brien siswa. 2) Observasi: digunakan untuk mendapatkan data tentang aktivitas siswa dan guru selama kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari 46% pada kondisi awal menjadi 54% pada pertemuan pertama siklus I dan meningkat menjadi 65% pada pertemuan kedua siklus I sedangkan pada siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 83% dan pada pertemuan kedua siklus kedua meningkat menjadi 91%.
Kata Kunci : Efektivitas Tolak Peluru Gaya O’Brien, Modifikasi Bola Plastik
Abstract: The Classroom action research is aimed to know the increasing of the efektivity of learning shot put on students of 11th grade of Santa Monica. The method used by the researcher is descriptive. The form of research used is Classroom Action Research, which is aimed to solve problems through direct application in the classroom or field. The subject sample used in this research is the 11th grade students of Santa Monica Vocational School which has the number of 35 students. The instrument used in collection the data is an observation sheet through; 1) Test: used to get data about the result of shot put; 2) Observation: used to get the of teacher and students activity during the teaching learning process. The result of the research shows that the result of the learning increase from 46% in the early condition to 54% in the first meeting of the first cycle and to 65% in the second meeting of the first cycle. Meanwhile, it increase to 83% in the first meeting of the second cycle and 91% int the second meeting of the scond cycle.
Key words: The efectivity of shot put O’Brien Style, the modification of the plastic Ball.

Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.7070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats