ANALISIS STRUKTURALISME TOKOH UTAMA NOVEL LAILA MAJNUN KARYA NIZAMI GANJAVI

Moch. Syahur, Christanto Syam, Syambasril .

Abstract


Abstrak:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peneliti untuk menemukan pemikiran, perasaan, dan kondisi kejiwaan tokoh utama Laila, dalam novel Laila Majnun karya Nizami Ganjavi yang selama iniperempuan seringkali dianggap sebagai orang yang paling berperan dalam pendidikan dan penerus nilai-nilai budaya bagi anak-anaknya. Sebagai orang yang harus meneruskan nilai-nilai bagi generasi muda, maka perempuan diharapkan menjadi seorang ibu, istri yang baik dalam lingkungan. Hal tersebut merupakan kewajiban yang harus dipikul seorang perempuan, maka sejak dini seorang perempuan dipersiapkan untuk bisa menjalankan tugas tersebut. Cara yang ditempuh untuk mewujudkannnya adalah dengan memberikan pengajaran tentang nilai-nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara objektif tokoh perempuan yang bernama Laila terdapat dalam novel Laila Majnunkarya Nizami Ganjavi.Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini adalah Pikiran, perasaan, dan kondisi kejiwaan tokoh Laila dalam novel Laila Majnun karya Nizami Ganjavi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian yang bersifat kualitatif, data yang dianalisis berbentuk kualitatif fenomena yang berwujud bagian-bagian cerita yang sesuai dengan fokus penelitian.

 

Kata Kunci : analisis, pikiran, perasaan, kondisi kejiwaan.

 

Abstract: This research applied by the researcher was to find the Thinking, feeling and soul of conditionof Laila as the first actor, in this novel Laila Majnun created by Nizami Ganjavi is a girl that has important role in education and going to be culture value for her children. Because a girl is going to be moral value for young generation. So, a girl must be a good mother and good wife in her environment or her family. In that case, a girl has obligation to carry her life, therefore, a girl prepared for the duty of future life. The way to get it is by giving education about moral value used by society. The purpose of this research is to describe the objective of Laila as the first actor in the novel Laila Majnun created by Nizami Ganjavi. The focused of this research are the character, the feeling and the Laila’s soul condition in Novel  Laila Majnun created by Nizami Ganjavi. The use of method in this research is Qualitative Descriptive. Qualitative descriptive here is focused on the part of story phenomenon.

Key word: Analyzing, Thinking, feeling and soul of condition.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.7024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats