PENINGKATAN PSIKOMOTOR RAGAM GERAK TARI DAYAK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SMP

Heni Linarti, Henny Sanulita, Winda Istiandini

Abstract


Abstrak: Permasalahan yang terjadi pada kelas VIIIB SMP 2 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang adalah rendahnya kemampuan psikomotor siswa serta penggunaan model pembelajaran yang tepat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan psikomotor siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kemampuan psikomotor siswa yang meningkat adalah kemampuan gerak atau praktik siswa, penilaian psikomotor terlihat dari komponen-komponen psikomotor yaitu peniruan, manipulasi, ketepatan, artikulasi, pengalamiahan, model pembelajaran langsung ini guru sekaligus peneliti menjelaskan dan mempraktikan secara langsung ragam gerak tari Dayak kemudian siswa mempraktikannya kembali sehingga siswa lebih cepat memahami. Penggunaan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan psikomotor peningkatan antara prasiklus ke siklus satu sebesar 8,93 sedangkan siklus 1 ke siklus 2 sebesar 21,93 dan ketuntasan belajar sekitar 100%.

Kata Kunci : pembelajaran langsung, psikomotor, tari Dayak

Abstrak: Problems occured on the grade VIII B SMP 2 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang are students psychomotor ability that still low and also in using learning model. Purpose of this study is for increase students psychomotor ability using direct learning model. The method that used on this research is descriptive method, with qualitative approach. Form of this reserach is classroom action research which collaborative with following procedures such as planning, implementation, observation and reflection. Students psychomotor that increase is motion abilty or practice of the students, psychomotor scoring seen from psychomotor components consist of imitation, manipulation, accuration, articulation, naturalization, on this direct learning model teacher also as a researcher explain and practice various Dayak dance motion directly then students practice it back so that they can understand it quickly. Using direct learning model can increase psychomotor ability, increasing between pre-cycle to cycle one is 8,93 whereas cycle one to cycle two is 21,93 and mastery learning about 100%.

Keywords : direct learning , psychomotor, Dayak dance


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.6988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats