PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BAHASA INDONESIA KEPADA SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DI MAN 2

Novian Suhendar, Djon Lasmono, Nanang Heryana

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai komunikasi interpersonal oleh guru bahasa Indonesia dengan metode problem solving pada siswa kelas X1 MAN 2 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif  kuantitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa yang berjumlah 48. Penelitian ini menggunakan teknik komunikasi tidak langsung dan studi dokumenter. Alat pengumpul data adalah angket, pedoman wawancara dan pedoman observasi diskusi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan mendeskripsikan hasil angket dan observasi yang kemudian dianalisis secara proporsonal dengan interpretasi untuk melengkapi hasil dari data yang diperoleh dari rekaman. Hasil analisis data menunjukan bahwa komunikasi interpersonal oleh guru bahasa Indonesia dengan metode problem solving mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan skor rata-rata 75.10 dan tergolong kategori cukup baik. Hal ini berarti komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia di sekolah sudah berjalan sesuai keinginan. Hasil dari penelitian ini menunjukan siswa menjadi aktif dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah.

Kata kunci: komunikasi interpersonal, metode problem solving

Abstract: This study aimed to obtain information on interpersonal communication by Indonesian teachers with a method of problem solving in class X1 MAN 2 Pontianak. The method used in this research is descriptive quantitative method to research the form of a class action. Sources of data in this study are Indonesian teachers and students numbering 48. This study uses indirect communication techniques and documentary studies. Data collection tool was a questionnaire, interview and observation guide the discussion. Data analysis techniques performed quantitatively describe the results of a questionnaire and observation proporsonal then analyzed with the interpretation of the results to complete the data obtained from the recordings. The results of data analysis showed that interpersonal communication by Indonesian teachers with methods of problem solving has increased from cycle I to cycle II with an average score of 75.10 and classified category quite well. This means that interpersonal communication is done by Indonesian teacher at the school has been running as desired. The results of this study indicate students become active in the teaching and learning process in schools.

 

Keywords: interpersonal communication, problem solving methods.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.6986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats