MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUKMENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI TARI JEPIN LEMBUT

Noriah ., Ismunandar ., Winda Istiandini

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa pada materi tari Jepin Lembut setelah diterapkan model tutor sebaya di kelas VII D SMP Negeri 1 Sebawi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, jenis penelitiannya tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan adalah observasi langsung dengan alat pengumpul datanya lembar observasi siswa dan angket dengan alat pengumpul datanya lembar angket siswa. Penelitian yang dilaksanakan dalam 4 tahap, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi ini memperoleh hasil sebagai berikut: (1) rasa tertarik siswa meningkat dari siklus I 33,33% menjadi 73,33% pada siklus II (2) perasaan senang pada siklus I 53,33% menjadi 85% (3) perhatian siswa pada siklus I 46,67% menjadi 80% pada siklus II (4) partisipasi siswa pada siklus I 38,33% menjadi 66,67% pada siklus II (5) kesadaran siswa pada siklus I 45% menjadi 75% pada siklus II.Dari hasil angket didapat data bahwa sebagian besar siswa tidak pernah belajar menari dan tidak hobi menari, dan setelah diterapkan model tutor sebaya siswa menjadi berminat dalam mempelajari tari Jepin Lembut.

 

Kata Kunci: Model Tutor Sebaya, Minat Belajar, Tari Jepin Lembut

 

Abstract :The purpose of this study was to describe the increases in student interest in the material after the dance Jepin Lembut apply the model of peer tutoring in class VII D SMP Negeri 1 Sebawi. The method used in this research is descriptive research type of class action. The subjects were students of class VII D, amounting to 30 people. The technique used is direct observation by means of collecting student data observation sheets and questionnaires by means of collecting data sheet student questionnaire. Research carried out in 3 stages, namely planning, implementation, observation, and reflection is obtained the following results: (1) an interest of students increased from 33.33% to the first cycle 73.33% in the second cycle (2) feelings of pleasure 53.33% in the first cycle to 85% in the second cycle (3) students' attention in the first cycle 46.67% to 80% in the second cycle (4) the participation of students in the first cycle 38.33% to 66.67% in the second cycle (5 ) awareness of students in the first cycle 45% to 75% in the second cycle. Data obtained from the questionnaire results that most students never learn to dance and not a hobby dancing, and having applied the model of peer tutoring students become interested in studying dance jepin Lembut.


Keywords :Peer tutoring models, Learning Interests, Dance Jepin Lembut


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.6955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats