PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Ahmad Zaini, Amrazi Zakso, M. Syukri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, berkenaan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 2 Pontianak. MBS adalah model manajemen yang memberikan otonomi lebih ke sekolah-sekolah dan meningkatkan keterlibatan langsung dari masyarakat/komunitas sekolah. Bentuk-bentuk partisipasi komunitas sekolah berupa dukungan moril, finansial maupun materil, dan sistem evaluasi dilakukan atas program pendidikan berdasarkan transparansi dan akuntabel berbentuk laporan. Sub tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui visi dan misi SD Muhammadiyah 2 Pontianak dalam mengimplementasikan MBS; (2) Mengetahui persepsi masyarakat terhadap visi dan misi sekolah pada SD Muhammadiyah 2 Pontianak; (3)  Mengetahui partisipasi Masyarakat di bidang perencanaan program sekolah dimaksud; (4) Mengetahui bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program sekolah; (5) Mengetahui partisipasi masyarakat dalam evaluasi program sekolah; dan (6) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang berkaitan dengan partisipasi masyarakat dalam pengimplementasian MBS pada SD Muhammadiyah 2 Pontianak.

Kata Kunci: Partisipasi, Masyarakat, MBS, Penyelenggaraan Pendidikan.

 

Abstract: This study is aimed at describing and analyzing the implementation of School-Based Management (SBM) at Muhammadiyah 2 Pontianak Elementary School. SBM is a model of management that promotes school autonomy and community participation. The school community gives moral, financial, and material supports. Meanwhile, the education program and implementation are conducted and evaluated accountably and transparrently. The objectives of this study are: (1) to know the vision and missions of Muhammadiyah 2 Pontianak Elementary School in the implementating SBM; (2) to know the school community perception toward the school’s vision and missions; (3) to know the school community participation in planning the school program; (4) to know the forms of the community participation in implementating the school program; (5) to know the community participation in evaluating the school program; and (6) to know the factors that support and inhibit the the community participation in the implementation of School-Based Management (SBM).

Keywords: Participation, Society, SBM, Education Implementation.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i11.6939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats