ANALISIS PERILAKU NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL-WAHDAH

Aryana F64112029), Busri Endang, Muhamad Ali

Abstract


Masalah umum yaitu Bagaimana  analisis perilaku nilai-nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Wahdah Kecamatan Pontianak Kota? Dari masalah umum tersebut di kaji menjadi masalah khusus: a.Bagaimana perilaku mengenal Tuhan melalui agama yang dianut anak usia 4-5 tahun? B.Bagaimana perilaku meniru gerakan beribadah anak? C.Bagaimana perilaku mengucapkan do’a sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu anak usia 4-5 tahun? D.Bagaimana mengenal perilaku baik/sopan dan buruk anak? E.Bagaimana membiasakan diri berperilaku baik anak? F.Bagaimana perilaku mengucapkan salam dan membalas salam anak.Metode yang digunakan dalam penelitian analisis perilaku nilai-nilai Agama dan Moral anak adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik, alat, analisis, instumen dan di uji kredibilitasnya menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Hasil dari penelitian menunjukkananalisis perilaku nilai-nilai agama dan moral anak yaitu mendeskripsikan perilaku anak dengan mengelompokkan perilaku aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak melalui indikaor-indikator perkembangannya yang diselaraskan dengan teladan dari sikap adab rasulullah.

Kata Kunci : Analisis, Perilaku, Nilai-nilai, Agama, Moral

Abstract:  How common is the problem behavior analysis of religious values ​​and morals of children aged 4-5 years in early childhood Al-Wahdah District of Pontianak city? Of the common problems in the review of specific problem: the behavior a.Bagaimana know God through religious affiliation of children aged 4-5 years? B.Bagaimana worship movement mimics the behavior of a child? C.Bagaimana behavior say prayers before and / or after doing something children aged 4-5 years? D.Bagaimana recognize good behavior / polite and bad children? E.Bagaimana familiarize themselves well behaved children? F.Bagaimana greeting behavior and returned the greeting children. The method used in the study analyzes the behavior of the values ​​of the Religious and Moral child is a method of qualitative research techniques, tools, analysis, instrument and test its credibility through observation, interviews and documents. The results of the study showed behavioral analysis of religious values ​​and morals which describe the behavior of children with developmental aspects of behavior grouping of religious values ​​and morals through indikaor-development indicators that are aligned with the example of the prophet civilized attitude.

Keywords: Analysis, Behavior, Values​​, Religion, Moral


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723