IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI LUAS PERMUKAAN PRISMA DAN LIMAS DI SMP
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi luas permukaan prisma dan limas di SMP Negeri 3 Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripitif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan rancangan the one case study atau post-test only design. Subjek dalam penelitian adalah 36 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar secara klasikal tidak tercapai, aktivitas siswa termasuk dalam kategori cukup aktif, siswa memberikan respon yang positif, sintaks (langkah) pembelajaran terlaksana dengan kategori baik. Kesimpulannya adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) tidak efektif untuk diterapkan pada pembelajaran materi luas permukaan prisma dan limas di kelas VIII B SMP Negeri 3 Sungai Raya.
Kata Kunci: Efektivitas, pembelajaran berbasis masalah
Abstract: This research purposed is for knowing the learning efectifity using problem based learning model based on prism surface area and pyramid in SMP Negeri 3 Sungai Raya. The research method that being used is descriptive research. The research from is pre-experimental with the design the one case study or post-test only design. The sample was 36 students. The result of data analysis showing us that the completeness of student result classical is not reached, the category of student activity is quite active, the student give a positive respons, syntax (step) learning is done with good category. In conclusion learning is using problem based learning is not effective to be applied on learning prism surface area and pyramid in SMP Negeri 3 Sungai Raya grade VIII B class.
Key word: effectiveness, problem based learning
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.6880
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats