PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DENGAN MEDIA BIJI KARET DI TAMAN KANAK-KANAK

Yundya Ullan Cemerlang, M. Syukri, Dian Miranda

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan pembelajaran mengenal bilangan melalui permainan edukatif dengan media biji karet (2) Pelaksanaan pembelajaran mengenal bilangan melalui permainan edukatif dengan media biji karet (3) Respons anak dalam pembelajaran mengenal bilangan melalui permainan edukatif dengan media biji karet (4) Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal bilangan melalui permainan edukatif dengan media biji karet. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Hasil perhitungan menunujukkan bahwa terjadi peningkatan yang cukup berarti pada kemampuan guru dalam merencanakan dengan kriteria baik dan melaksanakan pembelajaran dengan kriteria baik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan juga ditunjukkan dengan respon anak dalam pembelajaran mengenal bilangan mengalami peningkatan sebesar 41,995% pada siklus I ke 63,995% pada siklus II. Peningkatan juga ditunjukkan dengan kemampuan anak yang meningkat sebanyak 63,55% pada siklus I ke 78,66% pada siklus II. Dengan demikian pembelajaran melalui permainan edukatif dengan media biji karet mampu meningkatkan kemampuan anak mengenal bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kec. Nanga Pinoh Kab.Melawi.

Kata Kunci : Mengenal Bilangan, Lambang Bilangan, Media Biji Karet.

 

Abstract : This research aims to know: (1) The plan in learning number by using rubber seed as an educational game (2) The practice of learning number by using rubber seed as an educational game (3) pupils repond in learning number by using rubber seed as an educational game (4)whetherthere is some improvement of pupils ability in learning number by using rubber seed as an educational game. This research was completed in two circles. By calculating data, the researcher found that there was some significant improvement in teacher’s capabilility, with good grade, to plan and implement lesson from circle 1 to circle 2. Other improvement also found in pupils respond in learning number from 41,995% in circle 1 to 63,995% in circle 2. Pupils ability in recognizing number also increased from 63,55% in circle 1 to 78,66% in circle 2. In brief, learning number by using rubber seed as an educational game is able to improve 5-6 years old pupils abitity to recognize number in TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Nanga Pinoh. Kabupaten Melawi.

Keywords: Recognizing Number, Number, Rubber Seed Medium.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons