EFEKTIFITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA ADISUCIPTO KABUPATEN KUBU RAYA

Astri F31110036, Rum ., Okianna .

Abstract


Abstract : This study aims to gain an overview on the effectiveness of teacher communication on learning in class X SMA Economics Adisucipto Sei Raya. The research method used is descriptive research methods and forms of research is survey research. After this research, the researchers obtained the findings that communication learning in high school economics class X Adisucipto Sei Raya about 60% effective and 40% said they have not been effective. Data collection tool that is used to guide observation, interview, questionnaires, and notes.Processing data using the formula percentage (%) and qualitatively analyzed descriptively. It is necessary to use a good channel to the subject matter can get well. For example, with more frequent use of instructional media, it helps teachers explain not too fast, and it took cooperation between teachers and students. Because students tend to be passive interest in learning is still low.

Keywords : Learning Communication Effectiveness, Economic Studies

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang objektif tentang efektifitas komunikasi guru pada pembelajaran Ekonomi di kelas X SMA Adisucipto Sei Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan bentuk penelitiannya adalah penelitian survey. Setelah penelitian ini dilakukan, peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa komunikasi pembelajaran ekonomi kelas X di SMA Adisucipto Sei Raya sekitar 60 % dikatakan efektif dan 40% masih belum efektif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah panduan observasi, wawancara, kuesioner, dan catatan-catatan. Pengolahan data menggunakan rumus persentase (%) dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Untuk itu perlu menggunakan suatu saluran yang baik agar materi pelajaran tersebut dapat sampai dengan baik. Misalnya dengan lebih sering menggunakan media pembelajaran, ada baiknya guru menjelaskan tidak terlalu cepat, dan butuh kerja sama antara guru dan siswa. Karena siswa cenderung bersikap pasif dikarenakan minat belajarnya yang masih rendah.

Kata Kunci : Efektifitas Komunikasi Pembelajaran, Pembelajaran Ekonomi

Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons