PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENAM IRAMA MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN SIMPAI

Tursiyah (F54210060), Marmawi. R, Halida .

Abstract


Pendidikan anak usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak. Keberhasilan proses pendidikan pada masa ini tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan selanjutnya. Pada anak usia dini berada dalam perkembangan fisik motorik yang paling penting karena pada usia ini perkembangan fisik motorik mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang salah satunya adalah perkembangan motorik kasar. Berdasarkan pengamatan peneliti yang juga guru pada kelas tersebut, terdapat 21 anak dari 25 anak (84%) mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan maju dan mundur secara serempak, terdapat 18 anak dari 25 anak (72%) mengalami kesulitan dalam melatih keseimbangan tubuh, terdapat 15 anak dari 25 anak (60%) yang mengalami kesulitan dalam melatih kelincahan dan kecepatan tubuh.

Kata Kunci: Motorik kasar, Metode, Senam Simpai

 

Abstraction: Education of child of age early is a real basal education means in giving elementary framework formed and growed it knowledge bases, position and skill at chlid. Success of education process of during this becomes basis for education process hereinafter. At child of age early stays in development of physical of motorik most importantly because at the age of this development of physical of motorik experiences mushroom growth, which one of them is is development of harsh motorik. Based on observation of researcher that is also teacher at the class, there are 21 chlids out of 25 chlids ( 84%) finds difficulties in doing movement of advance and backward simultaneously, there are 18 chlids out of 25 chlids ( 72%) finds difficulties in training body balance, there are 15 chlids out of 25 chlids ( 60%) what finds difficulties in training mobility and body speed.

Keyword: Harsh motorik, Method, Ferrule Gymnastic


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723