Upaya Meningkatkan Belajar Lari Sprint 50 Meter Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Teriak

Yustina ., Victor Simanjuntak, Kaswari .

Abstract


ABSTRACT: Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada pengaruh pembelajaran
latihan bolak-balik dapat meningkatkan kemampuan lari sprint 50 meter terhadap siswa.
Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui modifikasi latihan lari bolak-balik
menggunakan balok berukuran 5x5 cm terhadap hasil belajar lari sprint 50 meter.
Penelitian dilakukan dengan metode diskriftif dan bentuk dari penelitian yang dilaksanakan
merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). yang melibatkan dua
variabel yaitu variabel bebas modifikasi latihan lari bolak-balik menggunakan balok
berukuran 5x5 dan variabel terikat yaitu hasil belajar lari sprint 50 meter. Subyek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Teriak, Kecamatan Teriak,
Kabupaten Bengkayang yang berjumlah 22 siswa,. Teknik penelitian ini menggunakan tes
dan pengukuran, yaitu tes dengan kisi-kisi instrumen pengukuran hasil belajar lari sprint 50
meter. Analisis data menggunakan prosentase. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan
modifikasi latihan lari bolak-balik dapat meningkatkan hasil belajar Penjas lari sprint 50
meter di SD Negeri 14 Teriak, Kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang. Saran Guru
penjaskes diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas dan lebih inovatif pada proses
pembelajaran dalam upaya meningkatkan kompetensi siswa, diharapkan adanya penelitian
metode yang lain yang dilakukan guru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar lari
sprint 50 meter. Untuk meningkatkan hasil belajar lari 50 meter perlu modifikasi latihan
bolak-balik menggunakan balok berukuran 5x5 cm.
Kata kunci : Modifikasi Latihan, Lari sprint 50 meter.
Abstract: Problems in the study of learning whether there is influence of alternating
exercises can improve the ability of 50-meter sprint to the students. The purpose of the
study was to determine the modification of exercise running back and forth using a 5x5 cm
beam on learning outcomes sprint 50 meters. The study was conducted by diskriftif and
shape of the research conducted is a class action (Classroom Action Research). involving
two variables: the independent variable modification of exercise running back and forth
using a 5x5 beam and the dependent variable is the result of learning sprinting 50 meters.
The subjects in this study were fifth grade students of State Elementary School 14 Shouts,
District Shouts, Bengkayang totaling 22 students,. This research technique using test and
measurement, the test grating instrument with measurement of learning outcomes sprint 50
meters. Data were analyzed using percentages. The study states that the modification of
exercise running back and forth to improve learning outcomes penjas 50-meter sprint at the
14 Shouts Elementary School, District Shouts, Bengkayang. Suggestion PE teacher is
expected to develop more creative and innovative in the learning process in an effort to
increase student competence, hope there are other methods of research conducted so that
teachers can improve learning outcomes sprint 50 meters. To improve learning outcomes
need to be modified to run 50 meters of alternating exercises using a 5x5 cm beam.
Keywords: Modified Exercise, Running sprints 50 meters

Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons