MENINGGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR HEWAN KELAS II SDN 35 TUMABANG LANDAK

Yusnika F34211665, Paternus Hanye Hanye, Halini .

Abstract


Abstrak: Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Menggunakan Media Gambar Hewan Kelas II SDN 35 Tumabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan aktivitas belajar IPA   dengan menggunakan media gambar hewan dikelas II SDN 35 Tumabang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptip dengan pendekatan kualitatif. Hasil awal sebelum menggunakan media gambar yaitu nilai rata-rata aktivitas fisik 22,73%, aktivitas mental 39,39%, dan emosional 19,09% kemudian diadakan siklus I dengan rata-rata aktivitas fisik yaitu 65,15%, mental 75,15%, dan emosional 48,18%. Refleksi siklus I  yaitu masih terdapat kekurangan dimana siswa masih ada yang kurang bertanya kepada guru, belum efektif dalam menggunakan media gambar sehingga pada siklus I aktivitas belajar siswa masih kurang. Maka diadakan siklus II, pada siklus ke II aktivitas belajar siswa sudah baik yakni pada persentase aktivitas fisik 89,05%, mental 86,36%, dan emosional 84,54%. karena peningkatan aktivitas siswa sudah baik  maka penelitian ini dihentikan  sampai pada siklus II.

Kata kunci: Aktivitas belajar IPA, media gambar Hewan, dan Pembelajaran IPA

 

 

Abstrack: Raise higher activity of learning to use your sains media images animal grade 2 SDN 35 Tumabang. This study aims to determine the profit increase learning aktivities using media images animal in class 2 SDN 35 Tumabang. Methode study that using is deskriptif with in the average value of physical activity 22.73%,  mental activity39.39%, and emotional then ivent one cycle with physcal activity is average 65.15%,75.15% mentally and emotionally 48.18%. I cycle of reflection that is still inadequate where there is less student asked the teacher, not globalizes in media use images up on learning activity cycle 1 st, students learning activities are still lacking. Then ivent 2 cycle to this cycle activity learning student past well this of persentase physical activities 89.05%, mentally 86.36% and emosionally 84.54%. because activities students past well then this study to end in 2st cycle.

 

Key word: sains media learning, activities and student learning animal images


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons