PENINGKATAN PENGENALAN SAINS SEDERHANA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Fatmawati (F54112003), Fadillah ., Halida .

Abstract


Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah anak yang berjumlah 16 orang anak. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah PAUD Purnama kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pengenalan sains sederhana melalui metode demonstrasi pada anak usia 4-5 tahun .Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan melalui hasil yang diperoleh setelah diadakan analisis data bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran telah dilakukan guru antara lain: Merumuskan tujuan pembelajaran, memilih tema, memilih bahan main, menentukan metode pembelajaran, membuat penilaian hasil belajar. 2) Pelaksanaan pembelajaran dapat dikategorikan baik, adapun pelaksanaan yang telah dilakukan guru antara lain: guru melakukan kegiatan prapembelajaran, guru membuka pembelajaran, guru melakukan kegiatan inti pembelajaran, guru menutup pembelajaran. 3) Evaluasi pembelajaran dapat dikategorikan berkembang sesuai harapan dengan adanya peningkatan pengenalan sains anak.

Kata Kunci:Sains Sederhana, Metode Demonstrasi

 

Abstract :.This research is a form of action research with descriptive methods. Subjects were children who totaled 16 children. The location was used as a place of study is early childhood education districts Purnama South Pontianak Pontianak City. The purpose of this research is to improve the introduction of simple science demonstration method in children aged 4-5 years. Based on the research that has been conducted and the results obtained through the analysis after the data held that: 1) Planning has conducted teacher learning include: Formulating learning objectives, choose a theme, choose the main ingredient, determine the method of learning, making learning outcomes assessment. 2) Implementation of the learning can be categorized as good, as for the implementation of a teacher who has performed, among others: the teacher prapembelajaran activities, the teacher opened the lesson, the teacher's core activities of learning, teacher learning close. 3) Evaluation of learning can be categorized as developed as expected with an increase in the introduction of children's science.

Keyword: Simple Science, Method Demonstration


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723