EFEKTIVITAS PRAKTIKUM BERSETING NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP SUB MATERI ZAT MAKANAN

Laylatus Saadah, Kurnia Ningsih, Laili Fitri Yeni

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode praktikum berseting Numbered Heads Together (NHT) terhadap penguasaan konsep siswa pada sub materi zat makanan kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Ambawang. Bentuk penelitian adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas VIII C (kelas eksperimen) dan kelas VIII B (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 butir. Dari hasil analisis data, diperoleh skor rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen adalah 17,06, sedangkan skor rata-rata posttest siswa pada kelas kontrol  adalah 13. Berdasarkan uji U Mann Whitney diperoleh Z hitung < - Ztabel yakni -4,22 < -1,96, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa antara kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode praktikum berseting NHT dengan kelas kontrol yang diajar menggunakan metode praktikum yang biasa diterapkan guru IPA Biologi SMP Negeri 3 Sungai Ambawang. Nilai effect size yang diperoleh sebesar 1,09 termasuk dalam kategori tinggi, maka metode praktikum berseting NHT efektif terhadap penguasaan konsep siswa pada sub materi zat makanan di kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Ambawang.

Kata kunci: metode praktikum berseting Numbered Heads Together (NHT), penguasaan konsep, zat makanan

 

Abstract: This study is aimed to find out the effectiveness of practicum methods based on Numbering Heads Together (NHT) toward the concept acknowledgement on food substances material of student in class VIII SMPN 3 Sungai Ambawang. The form of this research is quasy experimental with non-equivalent control group design. Sample of this research is student in  class VIII C (as experimental class) and VIII B (as control class). The instrument that been used is multiple choist contain 20 item. The result showed that the students of experimental class have 17,06 average score of posttest, while students of control class  have 13 average score of posttest. This showed that there is a difference of concept acknowledgement between student that taught by practicum method based on NHT and the usual practicum methods applied by biology teacher in SMPN 3 Sungai Ambawang. The effect size showed ES= 1,09 and categorized as maximum, thus, practicum methods based on Numbering Heads Together (NHT) effective toward the concept acknowledgement on food substances material of student in class VIII SMPN 3 Sungai Ambawang.

Keywords: practicum method based on NHT, concept acknowledgement, food subtances

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons