PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI NOTASI BALOK DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Sak Rani, Imam Ghozali, Winda Istiandini

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode kooperatif pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan seni musik di kelas VIIIA SMP Negeri 1 Jawai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi notasi balok kelas VIII A SMP Negeri 1 Jawai menggunakan 2 siklus. Pada setiap siklus siswa dibagi  menjadi  kelompok  kecil  yang  terdiri  atas  4-5  siswa.  Dari  kelompok tersebut diperoleh data penelitian berupa peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dalam  memahami  bentuk,  nama,  dan  nilai  not  balok  pada  pembelajaran  seni budaya di kelas VIII A SMP Negeri 1 Jawai.

 

Kata Kunci: hasil belajar, notasi balok, metode kooperatif, tipe STAD

 

Abstrack: The purpose of this study was to describe the use of cooperative learning methods Student Teams Achievement Division (STAD) in improving student learning outcomes on the subjects of art and culture and music arts skills in class VIIIA SMP Negeri 1 Jawai. The method used is descriptive method to form action research. Application of STAD cooperative learning methods in materials notation A Junior High School eighth grade 1 Jawai using 2 cycles. In each cycle the students are divided into small groups consisting of 4-5 students. From the data obtained by the research group include increased learning outcomes. Based on the analysis results of the first cycle and second cycle can be concluded that an increase in the understanding of the form, the name, and the value of learning musical notes on art and culture in class VIII A SMP Negeri 1 Jawai.

 

Keywords: learning outcomes, notation, cooperative method, STAD


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats