PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI NOTASI BALOK DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode kooperatif pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan seni musik di kelas VIIIA SMP Negeri 1 Jawai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi notasi balok kelas VIII A SMP Negeri 1 Jawai menggunakan 2 siklus. Pada setiap siklus siswa dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri atas 4-5 siswa. Dari kelompok tersebut diperoleh data penelitian berupa peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dalam memahami bentuk, nama, dan nilai not balok pada pembelajaran seni budaya di kelas VIII A SMP Negeri 1 Jawai.
Kata Kunci: hasil belajar, notasi balok, metode kooperatif, tipe STAD
Abstrack: The purpose of this study was to describe the use of cooperative learning methods Student Teams Achievement Division (STAD) in improving student learning outcomes on the subjects of art and culture and music arts skills in class VIIIA SMP Negeri 1 Jawai. The method used is descriptive method to form action research. Application of STAD cooperative learning methods in materials notation A Junior High School eighth grade 1 Jawai using 2 cycles. In each cycle the students are divided into small groups consisting of 4-5 students. From the data obtained by the research group include increased learning outcomes. Based on the analysis results of the first cycle and second cycle can be concluded that an increase in the understanding of the form, the name, and the value of learning musical notes on art and culture in class VIII A SMP Negeri 1 Jawai.
Keywords: learning outcomes, notation, cooperative method, STAD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .