PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK

Ria Aini, Nuraini Asriati, Bambang Budi Utomo

Abstract


Abstract : This study titled Effects of Classroom Management on Student Results In Economy Class X Subject IPS in SMA 8 Pontianak. The problem is whether there is influence of Classroom Management on Student Results ?. Form of research is the study of relationships. The sample totaled 59 students drawn from four classes of X IPS uses random sampling from a population of 140 respondents. The method used is descriptive method with the aim to describe objectively the effect of classroom management on student learning outcomes. Using a data collection tool that is a check list, a questionnaire for students, interview guides for the eye Teacher Lesson Economy class X IPS. While processing the data is to perform calculations with SPSS program with a simple linear regression analysis technique. Tested with the results of the study showed that there were significant effects of classroom management on learning outcomes (t = 5.192> 2.0032) that t is greater than t table which means Ha Ho accepted and rejected .. The result states that the class management indicator da Management Student Management Physical environment affects class Student Results on Economic Lessons eye class X SMA Negeri 8 Pontianak.

 

Keyword : Effects of Classroom Management, student results, Economy

 

Abstrak : Penelitian ini berjudul Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 8 Pontianak. Masalahnya adalah apakah ada pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa?. Bentuk penelitian yang digunakan adalah studi hubungan. Sampelnya berjumlah 59 siswa diambil dari 4 kelas X IPS menggunakan random sampling dari jumlah populasi 140 responden. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan tujuan untuk memaparkan secara objektif mengenai pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa.. Menggunakan alat pengumpul data yaitu daftar cek, angket untuk siswa, pedoman wawancara  untuk  Guru mata Pelajaran Ekonomi kelas X IPS. Sedangkan pengolahan datanya adalah melakukan perhitungan dengan Program SPPS dengan tehnik analisis regresi linear sederhana. Diuji dengan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar (t=5,192>2,0032) bahwa t hitung besar dari t tabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.. Hasil tersebut menyatakan bahwa Pengelolaan kelas dengan indikator Pengelolaan Siswa da Pengelolaan Lingkungan Fisik kelas mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada mata Pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Negeri 8 Pontianak.

 

Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi

Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons