PENINGKATAN KEPEKAAN NADAMELALUI IMPLEMENTASI KEYBOARDPADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PUTUSSIBAU
Abstract
Absrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan gambaran tentang bagaimana peningkatan kepekaan nada melalui implementasi keyboardpada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Putusibau Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif analisis. Sampel penelitian ini adalah 35 siswa. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang segnifikan yaitu pada siklus I nilai rata-rata klasikal 70.14, siklus II dengan nilai rata-rata klasikal 74,42. Dari hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa dengan implementasi keyboard dapat meningkatkan kepekaan nada siswa dalam bernyanyi atauolah vokal. Oleh karena itu, peningkatan kepekaan nada melalui implementasi keyboard ini sangat cocok di terapkan pada siswa.
Kata Kunci: Kepekaan Nada, Implementasi Keyboard.
Abstract:This study aimedtoobtaininformationandan overview ofhow toincreasethe sensitivity oftonethrough thekeyboard implementation oftheseventh grade studentsof SMP Negeri1PutusibauKapuas Huluacademic year2013/2014. The research methodusedisclass action research descriptive analysis. The sample was36students. The results showeda significant increasein the first cycleis a classicalaveragevalue of 70.14, second cyclewitha classical averagevalue of74.42.From these resultsit can be concludedthatthekeyboardimplementationcan increase the students’ tone sensitivityinsingingorvocal. Therefore, an increase inthe sensitivity ofthetonethrough the keyboardimplementationisverysuitabletoapply tostudents.
Keywords: Tone sensitivity, Keyboard Implementation.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6779
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .