PENINGKATAN AKTIVITAS BERTANYA MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Siti Sudiyah, Marmawi R, Fadillah .

Abstract


Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas bertanya melalui cerita bergambar, dilatar belakangi pentingnya meningkatkan kemampuan bertanya pada anak sejak usia dini, kemampuan bertanya merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan.1) perencanaan pembelajaran untuk peningkatan aktivitas bertanya melalui cerita bergambar pada anak usia 4-5 tahun pada siklus 1 diperoleh kategori baik, dan pada siklus 11 diperoleh kategori sangat baik. 2) Pelaksanaan pembelajaran untuk peningkatan aktivitas bertanya melalui cerita bergambar pada anak usia 4-5 tahun yaitu mengoptimalkan penggunaan gambar cerita agar anak dapat memahami dan tertarik, pada siklus 1 diperoleh kategori baik dan pada siklus 11 memperoleh kategori amat baik. 3) peningkatan kemampuan bertanya melalui cerita bergambar pada anak usia 4-5 tahun terjadi peningkatan yang segnifikan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.Sedangkan metode yang digunakan yaitu media gambar. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang berjumlah 15 orang, yang terdiri  anak laki-laki 7 dan 8 anak perempuan.

Kata Kunci:Aktivitas bertanya, cerita bergambar

Abstract :The purpose of this study aims to determine the increase in the activity of asking through illustrated stories, background on the importance of improving the ability to ask the child from an early age, the ability to ask is an effort to do. 1) lesson plans for increased activity through picture story ask the children aged 4-5 years in cycle 1 was obtained either category, and at cycle 11 obtained very good category. 2) Implementation of an increase in the activity of learning to ask questions in a picture story in children aged 4-5 years is to optimize the use of picture stories so that children can understand and be interested in cycle 1 was obtained either category and the 11 cycles to obtain a very good category. 3) an increase in the ability to ask through picture stories in children aged 4-5 years, there is increase in the segnifikan. This study uses action research. While the method used is the media image. Subjects in this study were children who totaled 15 people, comprising 7 boys and 8 girls.

Keywords :Activity asks , picture story


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723