PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK UNTUK BERPRESTASI DI MADRASAH ALIYAH GERPEMI KECAMATAN TEBAS
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan oleh orang tua, cara orang tua dalam memotivasi anak agar berprestasi, hambatan yang dirasakan orang tua, upaya yang dilakukan orang tua untuk mengatasi hambatan dalam memotivasi anak di Madrasah Aliyah Gerpemi (Gerakan Pemuda Pemudi islam) di Kecamatan Tebas. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, sedangkan alat pengumpulan data adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif menggunakan informan 10 orang yang terdiri dari 5 orang tua, 5 orang siswa kelas XI yang dipilih berdasarkan prestasi yang diraih di kelas. Peran yang dilakukan orang tua diperoleh dari peran orang tua sebagai motivator, fasilitator dan pembimbing. Cara yang dilakukan orang tua dalam memotivasi anak untuk berprestasi, antara lain adalah dengan cara memberikan perhatian dan pengawasan saat anak belajar dirumah. Hambatan yang dirasakan orang tua dalam memotivasi anak untuk berprestasi adalah orang tua merasa kesulitan saat mengajarkan anak. Upaya yang dilakukan orang tua untuk mengatasi hambatan dalam memotivasi anak adalah menyediakan alat atau fasilitas yang dibutuhkan oleh anak.
Kata kunci: Peran orang tua, Motivasi
Abstract: The aims of this research to determine the role played by parents, the way that the parents to motivation their children achieve. The perceived barnes of parents, the effort of parents to overcome the obstacles of motivating their children in Madrasah Aliyah Gerpemi (Gerakan Pemuda Pemudi Islam) in Kecamatan Tebas. The method of this research use descriptive. The techniques of colleeting data used observation, interview, and study documentation. The data analysis of this research presented by descriptive qualitative form using 10 of participants who are they 5 parents, 5 student in class XII that choice by sorting in learning achievement in classroom. The role played by parents as a motivator, fasilitator, and supervisor. The ways in which parents in motivating children to perform, among others, by way of providing care and supervision when their children learn at home. The perceived barrier of parents in motivating children to achieve is when the parents find difficult to teach the children. The effort are being made to overcome the obstalcer of parents in motivating children is to provide equipment of facilities that need by the children.
Keyword : The role of parents, Motivation.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6772
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .