KONTRIBUSIKARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KOMITMEN PROFESIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DOSEN PRODI KEPERAWATAN KONTRIBUSIKARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KOMITMEN PROFESIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DOSEN PRODI KEPERAWATAN
Abstract
Abstrak: Kepuasan kerja merupakan kunci semangat kerja sebagai dukungan dalam mewujudkan pendidikan berkualitas (Arifin dan Mutamimah, 2009). Tujuan penelitian untuk mengetahui konstribusi karakteristik individu dan komitmen dosen dengan kepuasaan kerja di prodi ilmu keperawatan swasta sekota Pontianak. Rancangan Penelitian deskriptifkorelasional dengan jumlah sampel 82 responden. Hasil penelitian variabel umur, jenis kelamin, pendidikan, status perkawinan, masa kerja dan komitmen profesional berkontribusi terhadap kepuasan kerja sebesar 28,4%. Berdasarkan uji F variansi variabel kepuasan kerja dapat dipengaruhi secara signifikan oleh umur, jenis kelamin, pendidikan, status perkawinan, masa kerja dan komitmen profesional. Koefesien korelasi partial melalui t – test secara sendiri-sendiri kepuasan kerja dosen keperawatan secara signifikan dipengaruhi oleh komitmen profesional. maknanya bahwa seorang pendidik yang memiliki loyalitas pada profesinya akan merasakan kepuasan dalam pekerjaannya. ini menyiratkan untuk menumbuhkan sebuah komitmen profesional dosen diperlukan penataan sumber daya manusia secara efektif. Saran sebagai upaya meningkatkan komitmen profesionalnya maka unsur-unsur yang terkait dengan kepuasan kerja harus dipenuhi secara mutlak.
Kata Kunci: Kepuasan Kerja, komitmen profesional, karakteristik Individu.
Abstract: Job satisfaction is the key to morale as support in realizing quality education (Arifin and Mutamimah, 2009.The contribution of individual characteristics and professional commitment of faculty to faculty job satisfaction in private nursing science courses in Pontianak City. Descriptive correlational research design with a sample of 82 respondents. The results of the study variables of age, gender, education, marital status, years of service and professional commitment to contribute to job satisfaction was 28.4%. Based on the variance F test variables job satisfaction can be significantly affected by age, gender, education, marital status, years of service and professional commitment. The partial correlation coefficient by t - test individually nursing faculty job satisfaction was significantly influenced by the professional commitment. Educator who has loyalty to his profession will feel satisfaction in his work. Thus, implying that fosters a commitment to professional lecturer necessary arrangement of human resources effectively.Suggestion as an effort to improve the professional commitments elements related to job satisfaction must be met absolutely.
Keywords : Jobsatisfaction, professional commitment, individualcharacteristicsFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .