PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN PENCAMPURAN WARNA DASAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Muslimah (F54210032), M. Syukri, Halida .

Abstract


Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Mujahidin I Pontianak melalui pembelajaran pencampuran warna dasar. Penelitian tindakan kelas  ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak TK Mujahidin I Pontianak yang berjumlah 25 orang anak. Pengumpulan data  dengan menggunakan  data dan pedoman observasi.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan: 1) Perencanaan pembelajaran pencampuran warna dasar untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Mujahidin I Pontianak telah terlaksana dengan sangat baik, 2) Pelaksanaan pembelajaran pencampuran warna dasar untuk meningkatkan perkembangan kognitif  pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Mujahidin I Pontianak telah terlaksana dengan sangat baik, 3) Terdapat peningkatan perkembangan kognitif melalui pembelajaran pencampuran warna dasar pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Mujahidin I Pontianak.

Kata Kunci: peningkatan, perkembangan kognitif.

 

Abstact: The general objective of this research is to improve the cognitive development of children in kindergarten I Mujahideen Pontianak through learning basic color mixing. Classroom action research was conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. The method used is descriptive method to study the form of classroom action research. Sources of data in this study is the first Mujahideen Pontianak kindergarten children totaling 25 children. The collection of data by using the data and observation.  Based on the research that has been done: 1) Planning learning basic color mixing to improve cognitive development in children aged 4-5 years in kindergarten Mujahideen Pontianak I have done very well, 2) Implementation of basic color mixing learning to improve cognitive development in children aged 4-5 years in kindergarten Mujahideen Pontianak I have done very well, 3) There is an increase in cognitive development through learning basic color mixing in children aged 4-5 years in kindergarten I Mujahideen Pontianak.

Keywords: enhancement, cognitive development.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i10.6738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats