PENGGUNAAN LKS TERSTUKTUR BERBASIS PBL UNTUK MEREMEDIASI KESULITAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS X SMA

Nani Lestari, Edy Tandililing, Syukran M

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh remediasi menggunakan LKS terstruktur berbasis PBL untuk menurunkan kesulitan siswa dalam pemecahan masalah dinamika partikel. Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan one Group Pre-test Post-test Design. Alat pengumpul data berupa tes essai. Penelitian ini melibatkan 29 siswa kelas X IPA sebagai sampel yang dipilih dengan teknik intact group. Dari analisis data diperoleh temuan terjadi penurunan rata-rata persentase kesulitan siswa tiap tahap pemecahan masalah sebesar 30,8% pada tahap memahami masalah, 50,9% pada tahap penyusunan rencana, 18,5% pada tahap melaksanakan rencana dan 18,9% pada tahap evaluasi. Uji statistik Wilcoxon menunjukkan  hasil terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah setelah dilakukan remediasi. Diperoleh z tabel (1,96) < z hitung (6,11). Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif kegiatan remediasi atau kegiatan pembelajaran agar dapat mengatasi  kesulitan yang dialami siswa dalam pemecahan masalah.

Kata Kunci: Pemecahan Masalah, LKS, Problem Based Learning

Abstract: This study aims to obtain the effect of remediation use PBL structured worksheet to reduce students’ difficulties in solving particle dinamic problem.

The method of this study was experimental design with one group pre-test post-test. Instrumen essay. 29 students of X IPA were participated as sample which taken by intact group technique. Based on data analysis, this remediation can reduce average students’ difficulties persentage from each phase, planning 30,8%, carring plan 50,9%, doing 18,5% and checking 18,9%. The result of Wilcoxon test shows that students’ problem solving ability before and after remediaton have difference significanly, z ready (1,96) < z rechoner (6,11). This study can be used as an alternatif of remediation activity or learning program to overcome students’ difficulties in problem solving.

 

Key Word: Problem Solving, Worksheet, Problem Based Learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats