PENERAPAN PBL DENGAN HEURISTIK POLYA UNTUK MEREMEDIASI KESALAHAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH DINAMIKA ROTASI DI SMA

Gandini Pangestika S, Tomo Djudin, Haratua T.M.S

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) dengan strategi heuristik Polya terhadap jumlah kesalahan siswa dalam memecahkan masalah dinamika rotasi di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Pontinak. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan  One-Group Pretest-Posttest Design. Alat pengumpul data berupa 4 tes essay dengan tingkat reliabilitas 0,52 (Sedang). Sampel penelitian ini adalah 36 siswa. Tes awal digunakan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam memecahkan masalah. Berdasarkan hasil analisis data terdapat penurunan jumlah kesalahan siswa. Penurunan rata-rata persentase kesalahan siswa  setelah diberikan remediasi adalah: a) kesalahan menulis lambang besaran 34,5%; b) kesalahan dalam menuliskan satuan 45,9%; c) kesalahan dalam mengkonversi satuan 69,6%; d) kesalahan dalam menurunkan formula (rumus) 62,9%; e) kesalahan menghitung 82,5%. Dengan demikian, penerapan model problem based learning (PBL) dengan strategi heuristik Polya berpengaruh menurunkan kesalahan siswa dalam memecahkan masalah. Sehingga penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pembaruan pembelajaran supaya dapat mengurangi kesalahan siswa dalam memecahkan masalah.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Heuristik Polya

 

Abstract: The purpose of this research is to find out the effect of the implementation of problem based larning (PBL) model with heuristic Polya strategies to the number of students’ error to solve the problem in rotational dynamics material for grade XI science students in SMA N 6 Pontianak. The method of this research was Pre Experimental Design with One Group Pretest Posttest Design.The instrument was 4 essay tests with a reliability of  0,52 (moderate). The sample was 36 students. Pre-test was used to determine students’ error in problem solving. Based on the data analysis, number of students’ error decreased in the present. After remedial class, the average of students’ error percentage decreased that were : (a) error in writing the symbols of quantities as many as  34,5%; (b) error in writing the symbols of unit as many as  45,9%; (c) error in  conversion of unit as many as 69,6%  ; (d) error in using formula as many as 62,9%  ;and (e) error in counting as many as 82,5%  . Thus, inplementation of problem based larning (PBL) model with heuristic Polya strategies have an effect to decrease the students’ error in problem solving. The result of this research can be used as a new model of learning to reduce students’ error in problem solving.

Keywords: Problem Based Learning, Heuristik Polya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons