EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELODI MENGGUNAKAN MEDIA INSTRUMEN PIANIKA PADA SISWA KELAS VIII

Kornelia Leli, Imam Ghozali, Amriani Amir

Abstract


Abstract: Tujuan    dari    penelitian    ini    adalah    mendeskripsikan    penerapan pembelajaran melodi dan efektivitas pembelajaran melodi menggunakan media instrumen pianika pada siswa kelas VIII di SMP Negeri  2 Mempawah Hilir. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk pre-eksperimental. Rancangan yang digunakan adalah One Shot Case Study. Hasil yang didapatkan untuk nilai rata-rata dari hasil post-test adalah 75,5. Respon siswa terhadap pembelajaran  mencapai  87,5%  memberi  respon  positif  dan  12,5%  memberi respon negatif. Aktivitas siswa dilihat dari empat kali pertemuan. Pada pertemuan pertama  siswa  yang  aktif  mencapai  78,48%  dan  siswa  yang  pasif  mencapai

21,5%. Pertemuan kedua siswa yang aktif mencapai 77,3% dan siswa yang pasif mencapai 22,7%. Pertemuan ketiga siswa yang aktif mencapai 81,9% dan siswa yang pasif mencapai 18,1%, dan pertemuan keempat siswa aktif mencapai 80,8% dan siswa pasif mencapai 19,2%. Rata-rata persentase dari keempat pertemuan tersebut adalah mencapai 79,62% siswa yang aktif dan 20,38% siswa yang pasif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melodi dan efektivitas pembelajaran melodi menggunakan media instrumen pianika, dinilai efektif dibanding menggunakan media instrumen rekorder sopran.

 

Kata Kunci: Melodi, Instrumen Pianika.

 

Abstrak: The purpose of this study is to describe the application of learning and learning  effectiveness  melodic  melodies  using  instruments  media  pianika  the eighth grade students at SMP Negeri 2 Mempawah downstream. This study used an experimental method with pre-experimental forms. The design used is One Shot Case Study. The results obtained for the average value of the results of the post-test was 75,5. The response of students towards learning reached 87,5% gave a positive response and 12,5% gave a negative response. Student activity seen from four meetings. At the first meeting the students who actively reaches 78,48

%, and the students are passive reached 21,5%. The second meeting of students who actively reached 77,3% and students are passive by 22,7%. The third meeting of the students who actively reached 81,9% and students are passive reached

18,1%, and the fourth meeting of students actively reaching 80,8% and 19,2% of students achieving passive. Average percentage of the four meetings is 79,62% of students  achieving  an  active  and  a  passive  20,38%  of  students.  It  can  be concluded that  the application  of learning and  learning  effectiveness  melodic melodies using instruments pianika media, assessed using the media effectively than instruments soprano recorder.

 

Keywords: Melodies, Instruments Pianika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons