PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MEDIA ADOBE FLASH DI KELAS III SD ISLAM AL AZHAR 21 PONTIANAK

Anita Eka Sari, H.M. Asrori, Dede Suratman

Abstract


Abstrak :   Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi pembelajaran dikelas III yang masih dilakukan secara terpisah-pisah antar mata pelajaran. Pengembangan model pembelajaran tematik melalui media Adobe Flash dalam bentuk CD interaktif merupakan pembelajaran yang dapat : (1) mengkaitkan antar mata pelajaran melalui sebuah cerita dalam bentuk animasi gambar yang menarik, (2) membuat waktu pembelajaran lebih singkat dan lebih ekonomis, (3) mempermudah interaksi antara siswa dengan materi, siswa dengan guru, maupun sesama siswa, (4) siswa dapat mengulang materi belajar setiap saat. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan model pembelajaran tematik melalui media Adobe Flash di kelas III SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III dan peserta didik kelas III SD Islam Al Azhar 21 Pontianak. Hasil penelitian ini adalah : 1) Desain pembelajaran tematik menggunakan media Adobe Flash merupakan desain yang membuat peserta didik dapat lebih mandiri dalam melaksanakan tugas-tugas belajar; 2) Tampilan media Adobe Flash dalam pengembangan pembelajaran tematik memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam memahami konsep beberapa mata pelajaran secara terintegrasi; 3) Perilaku belajar yang dapat diamati adalah sikap semangat, aktif, antusias, kemandirian dalam belajar, percaya diri, mampu bekerjasama dan bertanggung jawab, 4) Penerapan model pembelajaran tematik melalui media Adobe Flash yang memuat beberapa mata pelajaran secara terintegrasi dapat meningkatkan perolehan belajar konsep beberapa mata pelajaran yang saling terintegrasi.

Kata Kunci : Pengembangan,  Pembelajaran Tematik, Media Adobe Flash

Abstract :   This research done because of the learning situation in grade three which is still doing separated between subjects. The development of thematic learning model by using Adobe Flash media interactive Compact Disc/CD is one of the learning method that can: (1) Link between subjects by using telling a story method with an interesting animation pictures, (2) Make learning time shorter and economic, (3) Make easier the interaction between students and the learning material, students and teacher, even between them selves, (4) The students are able to review the learning material anytime. The purpose of this research is to describe and analyze the development of thematic learning model by using Adobe Flash media in grade three Elementary School. This research is a kind of Research and Development by using Qualitative descriptive approach. The subject of this research is teacher and students of grade three Al Azhar Islamic Elementary School 21st Pontianak. The results of  this research are : 1) Thematic learning design use Adobe Flash media is a design that make the students be more autonomous in doing the learning tasks; 2) The performance of Adobe Flash media in the development of thematic learning giving ease to the students in comprehending the concept of subjects integrated; 3) The learning attitude that can be observed is a big spirit, active, enthusiastic, has self-supporting learning, confident, can cooperate and has a big responsible, 4) The application in thematic learning model by using Adobe Flash media in some subjects integrated can improve the concept of learning result some of that subjects integrated.

Key Words : Development, Thematic Learning, Adobe Flash Media

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons