PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL UKURAN DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA KECAMATAN NANGA PINOH

Rian Arnisa Ramadhan, Purwanti ., Yuline .

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan anak dalam mengenal ukuran seperti anak belum dapat menunjukkan benda yang banyak dan benda yang sedikit, anak belum dapat mengklasifikasikan benda dalam ukuran banyak dan sedikit, anak belum dapat mengukur sendiri benda yang di kategorikan banyak dan benda yang dikategorikan sedikit. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan anak yang berjumlah 15 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan melalui hasil yang diperoleh setelah diadakan analisis data, secara umum dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran sudah dirancang sesuai dengan aspek yang akan ditingkatkan. 2) Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan perencanaan yang dibuat. 3) Metode edutainment meningkatkan kemampuan menunjukkan ukuran benda yang banyak dan benda yang sedikit dapat menghibur anak dalam belajar. 4) Metode edutainment dapat meningkatkan kemampuan mengklasifikasikan benda dalam ukuran banyak dan sedikit pada anak usia 4-5 tahun. 5) Metode edutainment dapat meningkatkan kemampuan mengukur sendiri benda yang dikategorikan banyak dan benda sedikit.

Kata Kunci : Banyak dan Sedikit, Metode Edutainment


Abstract: This research is motivated by the child’slack of ability to know about quantity for example children cannot show many and few objects, children may not beable to classify objects in number of many and few, the child may not be able to measure themselves which objects categorized as many and few. This research is conducted in a form of class room action research with descriptive method. The research subjects were teachers and children in number 15 children. Based on the research that has been done and through the results obtained after the analysis of the data, in general it can be concluded that: 1) The lesson plan has been designed in appropriate with the aspects to be improved. 2) The steps of learning is done in accordance with the plans made. 3) Edutainment method improves the ability to distinguish the number of many and few objects that can entertain children in learning. 4) Edutainment method can improve the ability to classify many and few objects for 4-5 years old children. 5) Edutainment method can improve the ability to measure themselves the objects categorized as many and few.

Keywords:many and few, edutainment method


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723