PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS KELAS V SD

Selvianus Awik, Suhardi Marli, Siti Halidjah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan model kooperatif tipe teams games tournaments. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, sifat penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian yang diperoleh kemampuan guru dalam merencanakan dari siklus 1 yaitu 3,47 dan siklus 2 yaitu 3,82. Kemampuan guru dalam melaksanakan dari siklus 1 yaitu 3,39 dan siklus 2 yaitu 3,74. Peningkatan aktivitas dari siklus 1 yaitu 60,95% dan siklus 2 yaitu 80,47%. Dengan dilaksanakannya model kooperatif tipe teams games tournaments terlihat kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan peningkatan aktivitas dalam pembelajaran mengalami peningkatan.

Kata kunci : Model Kooperatif Tipe Teams Geams Tournaments.

 

Abstract: This Research objectives to describe the ability of a teacher in drawing up the plan of learning, teachers ' ability in carrying out the study and improvement of student learning activities with the cooperative model type teams games tournaments. The method used is descriptive method, a form of research i.e. Research action class, the nature of qualitative research. This research was conducted as much 2 cycle. Research results gained the ability of teachers in planning of cycle 1 and cycle 2 ie. Ie. 3,47 3.82. The ability of teachers in carrying out of cycle 1 and cycle 2ie.  3.39 ie. namely 3,74. Increased activity from cycle 1 ie. 60,95% and cyclical 2 ie. 80,47%. With the cooperative model type teams tackle in games tournaments seen teacher's ability in planning, implementing and upgrading activities in learning has increased.

Keywords: Cooperative Change over Couple

Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons