PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMAS TAMAN MULIA

Yopi F31109013, Junaidi ., Parijo .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X ASMAS Taman MuliaKabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriftif, sedangkan bentuk penelitian adalah studi hubungan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X A SMAS Taman Mulia Kabupaten Kubu Raya, yang berjumlah 46 orang.Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) yang mana menggunakan rumus persamaan linear sederhana Y= a +bX maka ditunjukan dalam persamaan Y= 41,163+0,437X dan uji hipotesis uji t hitung > t table atau 4,180 > 1,679. Adapun besarnya pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) dari hasil uji koefisien determinasi dengan SPSS 16 adalah sebesar 28,4%.

 

Kata Kunci : Disiplin Belajar, Hasil Belajar

Abstract: This study aimed to determine the effect of general discipline of learning on student learning outcomes on economic subjects of class XA SMAS Taman Mulia Kabupaten Kubu Raya. Research methods were used in this research is Descriftive methods, while the form of research is the study of relationships. The population used in this study were students of class XA SMAS Taman Mulia Kabupaten Kubu Raya, which amounts to 46 student. From the results of this study indicate that there are significant between the independent variable (X) on the dependent variable (Y) which uses a simple linear equation Y = a + bX then shown in the equation Y = 41.163 +0.437 X and test hypothesis test t> t table or 4.180> 1.679. As for the influence of the independent variable (X) on the dependent variable (Y) coefficient of determination of test results with SPSS 16 is equal to 28.4%.

 

Keyword: Discipline Learning, Learning Outcomes

Full Text:

PDF PDF ()


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats